Minggu, 20 Maret 2011

Cara Mengatasi Cemas Akibat Ingin Perfect


Erna;’saya paling jengkel suami dirumah kalo membantu pekerjaan rumah selalu nggak tuntas . anak anak juga nilai raportnya pas pasan .belum lagi pegawai pegawai dikantor saya kalau nggak diperintah kerjanya nggak selesai selesai.Padahal kan mereka bisa kerjakan dengan baik . kalo beginiSaya bisa mati muda ,kank hari, sebenarnya apa yang terjadi pada diri saya ? dan bagaimana cara mengatasinya..?

Kank Hari: Jangan nyumpahain diri sendiri bu tidak baik akibatnya.Perilaku yang ibu alami itu bisa menimpa siapa saja terutama yang menuntut kesempurnaan.menurut studi –studi di Amerika dan University of Bradford menemukan satu dari 5 orang menunjukkan sifat perfecsionis dapat mempengaruhi kesehatan mereka, diantaranya insomnia,cepat marah,sakit kepala ,gangguan perut ,chronic fatique,depresi.Masalah hubungan antar pribadi (interpersonal ) adalah masalah yang paling popular yang dialami mereka.

Cara mengatasinya;

Pertama ,Terima Kenyataan.

Sadarilah bahwa keadaan yang saat ini anda alami juga dialami orang lain yaitu memiliki keterbatasan dan kekurangan. Menuntut ke sempurnaan hanya akan membuat anda banyak kecewa.Jika perasaan anda didominasi oleh hasrat ingin berkuasa atau menguasai orang lain maka kurangilah. Karena anda tak kan bisa menguasai orang lain dengan cara “uring –uringan “.

Kedua .Jangan Buat Target Terlalu Tinggi

Mengakui ketidak berhasilan dikarenakan target kesempurnaan anda terlalu tinggi bisa membuat anda tidak memaksakan diri mencapainya atau memerintah orang mencapainya..Buatlah konsep untuk mengerjakan tugas yang ingin anda capai secara efektif. dan realistis ketimbang tujuan ingin mencapai kesempurnaan. Buat skala prioritas dan urutan tugas yang harus diselesaikan.

Ketiga. Negosiasilah

Orang akan sulit anda pengaruhi jika anda “uring uringan’,maka yang bisa anda lakukan adalah bernegosiasi dengannya. Buat aturan yang tegas dan jelas lengkap dengan aturan maindan konsekuensi logis yang harus diterima.. Berilah ruang bersalah dengan catatan ,tidak mengulang kesalahan yang sama . Dengan demikian orang disekitar anda bisa belajar dari kesalahan sekaligus memperbaikinya.


Sadarilah :” Anda tidak bisa mengerjakan suatu pekerjaan sempurna 90-100% setiap saat,karena itu miliki toleransi terhadap kesalahan diri sendiri dan orang lain. Ciptakan pekerjaan/karir yang anda sukai dan anda kuasai dengan demikian anda dapat menikmati pekerjaan dengan bahagia”Kank Hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar