Selasa, 25 Desember 2012

TIPs Mengatasi Anak Sering Keluar Malam



Keluar malam di beberapa kota menjadi trend gaya hidup remaja  tetapi bila  mereka  menjadi kecanduan,lupa waktu dan lebih betah diluar rumah tentu sebuah persoalan  .Maka inilah cara “bernegosiasi” dengan mereka.

1.       Sadari kebutuhan remaja bersenang –senang bersama temannya,namun yakinkan pada anak bahwa orang tua memiliki tanggung jawab terhadap keselamatan remajanya. Karena lingkungan malam di luar perlindungan orang tua bisa membahayakan diri remaja itu sendiri,seperti kriminalitas ,narkoba dan perilaku asusila.


2.       Biasakanlah untuk memiliki komunikasi yang intens  agar anak keberadaannya merasa dicintai,dihargai dan dimengerti,sehingga kebutuhan psikologis anak dapat terpenuhi di dalam rumah . Mengingat sebagian remaja yang keluar malam adalah mereka yang merasa gerah di rumahnya sendiri.


3.       Berikan privasi dan ijinkan anak memiliki  kesibukan tersendiri   untuk menyalurkan hobi  sehingga anak  memiliki aktivitas bermakna di dalam rumah. Hal ini akan mengurangi kegemaran anak dalam keluar rumah.

4.       Ijinkan rumah anda dikunjungi teman teman remaja anda lengkap dengan berbagai kegiatannya,sehingga energi remaja yang terkuras dipagi –siang –sore hari membuat mereka tidak lagi keluar malam .


5.       Berikan jam malam kepada anak lengkap dengan konsekuensi logis hukumannya jika  melanggar .Namun tentu saja keterikatan emosi dan komunikasi efektif anak sudah berjalan secara optimal sehingga anak dapat mematuhi aturan bukan lantaran takut tapi menghargai komitmen yang telah disepakati.

6.  Orang tua berhak melarang remaja jika memiliki teman teman yang membahayakan serta ber resiko  mendatangkan persoalan bagi masa depannya. Lengkap dengan penjelasan dari orang tua secara logis dan menyentuh hati. Sehingga larangan orang tua akan dimaknai sebagai perlindungan oleh remaja itu sendiri .Dengan demikian remaja dapat membentengi dirinya sendiri.


Bagaimanapun orang tua berhak melindungi keluarganya dari kesulitan yang lebih besar.  


6 komentar:

  1. Permisi pak saya mau tanya ,
    Saya punya temen cwe dia selalu pulang malam nah saya sama semua temen" saya udah pernah jelas'in ke si cwe gak bagus kalo pulang malam sampe sampe cape buat bilang'in. Ke si cwe itu pak, alasan si cwe pulang malam" karna si cwe trauma karna pas masih SD dia sering di pukuli dan di kunci di kamar oleh ibunya ,menuurut bapak saya sebagai temannya harus berbuat apa , mohon di balas pak

    BalasHapus
  2. doakan saja, kalau sebagai hiburan gpp tapi jangan sering 2 gaga ada gunanya

    BalasHapus
  3. Mungkin bisa dengan memasukkan-nya ke lembaga bimbingan tertentu bisa memberikan kesibukan yang lebih terarah kali ya hammer of thor

    BalasHapus
  4. Aslmualaikun,,pak sya punya adik laki2 kls 2 smk,,smnjk sklh smk kegiatannya sering kluyuran mlm trs sma tmn2nya,,sya dn orgtua sya sring bilng k dia jngn kluar mlm aplgi tdur dluar smpe plng pagi.dri bicara pelan smpai keras pun dia ttp bgtu stiap hri,smpe2 sring ga msuk skolh krna kesiangan,dn ahirnya skrng skolhnya brnti,sya kasian sma orgtua sya,,gimna ya caranya supaya dia bsa skolh lgi dan ga kluar mlm trs??? Mohon arahannya

    BalasHapus
  5. Anak saya di asrama 3 tahun,sejak kelas 3 mulai tidak mau ditengok lama2 dan sekarang masuk SMA semakin tidak dapat dikendalikan, bagaimana solusinya

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus