Selasa, 25 Desember 2012

Ketika Istri Ingin Dimengerti (Dilarang Dibaca Para Istri!)





Saya tidak mengerti apa maunya istri saya ,padahal saya 
sudah memberikan semuanya kepadanya. Dimatanya saya 
 masih dianggap kurang saja mengapa begitu ..?
 


Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu. QS An- Nisa  :32






Kebutuhan untuk dicintai ,dihargai dan dimengerti  adalah kebutuhan dasar psikologis ,terutama seorang istri yang meletakkan harapan besar kepada suaminya untuk mendapatkan apa yang selama ini didambakannya. Namun sering kali suami merasa kebutuhan itu bukan hal yang penting ,kolokan,dan tidak realistis terlalu romantis dsb.. Akibatnya istri pun  larut berada dalam kekeringan  realitas jiwani.

Setiap perempuan adalah makhluk yang memiliki estetika ,perempuan bahkan mempercantik dirinya untuk mendapatkan pengakuan sekaligus menunjukkan eksistensinya. Terutama ingin  menjadi sosok satu satunya orang yang  telah mempersuntingnya. Itulah mengapa istri bisa marah besar baik secara langsung atau dipendam saat suami memuji wanita lain.

Jika suami Sering mengeluh saya sudah berikan yang terbaik buat dia tetapi tetap saja saya ada kekurangan dimatanya...!

Mengapa begitu ... !

1.       Para istri menghendaki anda secara tulus mengenali,mengerti tentang dia ,apabila dia marah sebenarnya dirinya hanya ingin dimanja .jadi jangan terburu marah bila istri anda lebih banyak ingin diperhatikan.

2.        Istri anda hanya ingin anda mendengarkan dengan empati,kadang tidak butuh tanggapan. Ide ide yang menurut anda tidak logika ,tidak realistik dan anda anggap sebagai perasaan mu saja itu ,jangan pernah anda pikirkan atau ucapkan kepadanya ,karena ide pemikiran dan perasaannya adalah aktualisasi dari kecemasannya .

3.       Jangan bandingkan istri dengan wanita yang anda idamkan selain dirinya,karena pada dasarnya setiap manusia memiliki keunikan dan keunggulan masing masing. Juga jangan paksa istri anda menjadi sosok yang anda idamkan /idolakan ,karena istri anda bakal menjadi sosok yang bukan anda kejar dulu tapi menjadi bayangan anda. Yang bisa anda lakukan kenalilah ,dengan anda mengenal maka anda makin sayang ..!

4.       Istri anda bukan sexs imagination anda ,sebuah hubungan yang harmonis bukan hanya persoalan hubungan fisik ,dengan anda mengimajinasikan hubungan intim dan membandingkannya dengan istri maka anda akan kehilangan kasih tulus yang pernah anda berikan kepadanya. Hubungan yang harmonis lebih terkait kepada hubungan tulus secara emosional.

5.       Istri butuh penguatan dari ketulusan cinta dan kasih sayang anda  dengan mendengarkan langsung ucapan anda .Kata kata ini akan membuat dia merasa orang yang khusus dan anda muliakan . Apa susahnya sih mengatakan “ Aku  sangat mencintaimu kamu telah lama menemaniku dalam susah senang”. Wanita butuh diyakinkan dengan “word affirmation’ yang tulus terucap dari mulut suamu yang dibanggakannya. Hal ini akan membuat para istri merasa berharga dan bermakna ini penting bagi pembentukan konsep diri positif sebagai istri.

6.       Jadikan istri anda sosok yang paling anda kagumi secara pribadi ,miliki kesediaan untuk saling melengkapi ,saling mengisi dan saling belajar. Kagumilah upayanya menyenangkan anda,pengalaman,pola pikir ,pendapat serta keberaniannya dalam pengambilan keputusan ,serta kesabarannya dalam membesarkan anak atau menghadapi cobaan hidup . 



Dengan demikian istri merasa setara dan pantas menjadi pendamping setia anda seumur hidup . Membantu dan memotivasi anda saat menghadapi kesulitan.












2 komentar:

  1. Hmmmm suka2, Benar2 tulisan yang memakai sudut pandang seorang istri. Dengan membaca tulisan ini istri akan semqakin bangga menjadi istri dan suami akan semakin cinta dengan istrinya setelah menghayati dan mengamalkkan isi dari bacaan teresbut

    BalasHapus
  2. terima kasih ,Komentarnya Mar'atus Sa'adah . Saya berharap Sa'adah pun rajin menulis untuk menerangi dunia .

    BalasHapus