Sabtu, 04 Februari 2012

Rasa Tidak Percaya Diri & Over Confidence Pada Diri wanita.


Rasa Tidak Percaya Diri & Over Confidence Pada Diri wanita.

“Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam sebaik baik kejadian “QS At Tin 4

Rasa percaya diri amat dibutuhkan bagi setiap orang terlebih wanita dengan segala keunikannya. Sering kali wanita merisaukan penampilan,postur tubuh,kecantikan,intelektual ,komunikasi dan strata ekonomi sebagai penyebab rasa tidak percaya diri padahal setiap wanita memiliki keunikan dan daya tarik nya sendiri.

Berikut Tipe Wanita dengan Rasa Percaya Dirinya

Tipe Tidak Percaya Diri

Cirinya : merasa dirinya tidak pantas atas tugas dan lingkungan,mudah bosan,menunda,ingin segera menghindar dan tidak tertarik mengembangkan apapun.

Contoh perilaku : seorang gadis lulusan sarjana yang dibesarkan dalam keluarga pegawai sederhana,pada saat kuliah adalah mahasiswa yang IP nya diatas 3 hanya kuliah pulang kuliah pulang ,tidak memiliki ragam teman ,teman teman hanya dari itu ke itu saja.Lantas berpacaran dengan seorang tenaga marketing yang banyak koleganya….maka ketika sang pacar mengenalkannya pada orang tua dan koleganya sang gadis menjadi minder karena memang tidak pernah bertemu dengan orang yang beragam.

Kata kata yang sering muncul : “ah aku malu mas ,mana bisa bergaul dengan mereka…mereka itu kan golongan orang …kayaknya mereka pinter pinter deh… ,aku nggak mungkin bisa ,gak pantas…!

Jika rasa tidak percaya diri ini terus dikembangkan maka sangat mungkin wanita bersangkutan tidak akan kunjung bisa mendampingi suami dalam kemajuan karirnya..

Tipe Terlalu Percaya Diri

Cirinya : walaupun aku pasti tidak diterima yang penting penampilan,mereka itu semua siapa,aku pasti bisa mengatasinya nggak usah pakai bantuan siapa pun ,semuanya beres….!

Contoh perilaku : Seorang gadis yang dibesarkan dalam sebuah keluarga yang selalu memanjakan ,tidak pernah memberi kesempatan kepada anak untuk berusaha , hidup dalam serba kemudahan ,dan lantaran semuanya tepenuhi serta selalu hampir semua keinginan nya terpenuhi maka dia menjadi anak yang terlalu percaya diri bahwa segala sesuatu bisa diselesaikan tanpa memikir kan cara penyelesaiannya. Serta tidak bisa melihat keterbatasan dirinya…

Kata kata yang biasanya muncul adalah :’ ah itu sepele,nanti nati saja .nanti kan bisa beres dengan sendirinya….pasti berhasil..dsb.

Perilaku Over confidence ini dapat membuat orang orang disekitarnya tidak nyaman lantaran mudah sekali meremehkan keadaan dan merendahkan orang lain. Akibatnya bisa menimbulkan kebencian dan dijauhi orang.

Wanita over confidence perlu belajar dari pengalaman ,terlau percaya diri diluar kemampuan real yang dimiliki akan mendatangkan kesulitan dikemudian hari.

1 komentar: