Sabtu, 18 Februari 2012

Tawadhu’ Cermin Keunggulan Citra Diri Wanita


“….dan rendahkanlah dirimu terhadap orang orang yang mengikutimu yaitu orang orang yang beriman QS Asy Syur’ara 215.




 Tawadhu’yang sering dipersepsi sebagai kerendahan hati adalah cermin keluasan ,keterbukaan dan kedalaman kepribadian seorang wanita. Orang yang rendah hati tidak perlu merasa harus menyombongkan diri untuk memenuhi need of recognition  and need of powernya. Lantaran mereka sadar tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan apa yang dimiliki. Orang yang rendah hati merasa dirinya cukup terhadap apa yang dimiliki sehingga tidak harus mencari penguatan dari pengakuan dari orang lain tentang harga dirinya.

 Pertama: Tawadhu menciptakan Wisdom

“Ketika seorang bertawadhu’karena Allah,maka Allah akan mengangkat kebijaksanaannya”. HR Ibnu Hibban

Seorang  wanita yang tawadhu’akan sustainable alias istiqomah karena bisa menyatu dengan Allah ,manusia dan alam. Artinya mereka akan senantiasa menjaga konsistensi  untuk menciptakan harmoni dalam kehidupan .berbekal wawasan dan kebijaksanaan akan membuat setiap persoalan akan menjadi mudah untuk diselesaikan,sanggup menundukan kekerasan hati orang lain akbiat ketulusan dan kelembutan sikapnya.banyak orang yang ingin mengenalnya lantaran kebaikan budi sekaligus menjalin persahabatan dan persaudaraan .

Tip

Jangan pernah anda merasa harus menyombongkan diri dengan merendahkan orang lain dan menolak kebenaran yang disampaikan siapapun. Anda tidak perlu merasa orang tidak menghargai anda jika tidak pamer “kekuasaan” . tetaplah berharga menjadi diri yang tidak membutuhkan penguatan dari pengakuan orang lain. Karena anda akan dihargai orang lain jika anda sanggup menghargai orang lain tanpa takut kehilangan harga diri.


Kedua : Tawadhu Menjaga Harga Diri


Bila seorang bertawadhu ,maka  ia akan dinaikan derajatnya oleh Allah ke langit yang ketujuh . HR Ibnu Abbas


Sikap tawadu’ bukan hanya persoalan rendah hati  yang mencerminkan keluhuran budi melainkan juga membangun people mind,artinya peran status apapun yang anda miliki  kehadiran anda tetap sebagi sosok yang dihormati dan menimbulkan rasa segan bagi orang lain. Karena melekat dalam kepribadian wanita yang tawadhu adalah karakter  leadership ,respect,truthworthiness,responsibility and religious. Sehingga bagi orang lain tidak alas an untuk menyerang dan menjatuhkan harga diri orang tawadhu’ karena memang tidak ada yang bisa dijatuhkan . Sebab memang orang tawadhu’tidak ingin merendahkan orang lain sehingga tidak perlu dijatuhkan.

Tip

Seorang wanita memiliki potensi  the power leadership artinya memiliki kekuatan pengaruh untuk diikuti dan dipatuhi buktinya seorang bayai bisa patuh untuk bisa menyusu pada ibunya. Maka kembangkanlah kekuatan mempengaruhi itu tanpa membuat orang lain merasa terpaksa.

Seorang ibu memiliki naluri untuk melindungi anaknya dari kesulitan dan bahaya artinya seorang ibu memiliki naluri responsibility. Wujudkanlah naluri bertanggung jawab itu dengan menjalankan amanah yang anda pegang dengan hasil yang optimal sehingga orang meihat anda layak dipercaya tanpa harus memaksa dengan “kewibawaan “ jabatan ,gelar ,pangkat dan kekayaan.



Lantaran kecemasan dan ketidak pastian akan msa depan semestinya seorang ibu memiliki hasrat yang kuat untuk berketuhanan .Sikap religious ini akan mengantar anda untuk tangguh menghadapi apapun yang terjadi baik yang menimpa diri sendiri maupun keluarga. Jadikan kemampuan interpersonal skill yang anda miliki untuk membina relasi dengan Allah Agar anda jauh lebih tangguh.  




                    Ketiga :Tawadhu bukan sekedar pengendalian diri

                   “ Dan hamba hamba  yang baik dari Tuhan Yang Maha penyayang ialah orang orang yang berjalan diatas muka bumi dengan tawadhu’ dan apabila orang jahil menyapa mereka ,mereka mengucapkan kata kata  yang mengandung keselamatan”. Qs Al Furqan 63   
 Jika sudah demikian jelas perintah Tuhan untuk tawadhu maka :

1.       Tawadhu adalah perintaNya berarti jika anda menjalankannya ,anda tidak saja mendapatkan respect dari oran lain,tidak merasa sibuk berpikir tentang harga diri namun anda mendapt keuntungan yakni mendapatkan balasandari Nya berupa kebahagiaan dunia dan akhirat.Niatkanlah rasa tawadhu anda kepada Allah agar anda mendapatkan kunggulan berganda.

2.       Dengan tawadhu anda akan menjadi orang trustworthiness lantaran anda konsisten dalam ucapan dan tindakan menghindarkan diri dari perkataan  dusta dan perbuatan yang bisa merusak reputasi kualitas hidup .Dengan tawadhu pula anda akan terhindar dari perbuatan ingin selalu pamer yang berakibat anda menderita self loneliness ,kesepian karena merasa tidak ada yang menghargai.

3.        Sikap tawadhu yanga nada miliki akan membuat anda memiliki keterbukaan diri berani mengakui keterbatasan dan dilanjutkan dengan belajar lebih baik.Memiliki keberanian menerima kritik tanpa sakit hati dan menggunakannya sebagai cambuk mencapai kemajuan dan perbaikan.Akan lebih dekat kepada Allah karena merasa bahwa diri ini terlalu kecil dihadapan kekuasaanNYa sehingga anda menjadi jauh lebih tenteram akibat gunjangan derita kehidupan dan lebih memiliki control diri saat berkelimpahan.

Sifat tawadhu’ adalah kekayaan tak terbatas dan kedudukan tertinggi bagi siapapun yang memiliki kekayaan atau tidak yang memiliki kedudukan atau tidak . Karena tawadhu’ adalah wujud dari tidak membutuhkan  pengakuan  apapun dari   perbuatan anda lakukan.Anda tetap merasa tidak perlu menolak kebenaran dan merendahkan orang lain untuk bisa merasa nyaman dengan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar