Jumat, 20 Desember 2013

Panduan Mengatasi Perasaan Selalu Memiliki Problem Tiada Henti. ( Bilik Konsultasi Keluarga Sakinah )

“kank saya selalu merasa ,permasalahan yang menimpa saya tidak ada selesainya,mungkin sudah takdir saya hidup selalu menderita,lantas kapan derita ini akan berakhir..? disampaikan oleh seorang ibu muda sambil menagis menceritakan perjalanan derita hidupnya kepada saya.

 Sayapun nyaris sesak nafas mendengarkan kisah hidupnya yang meng”haru biru” ,satu masalah pergi persoalan yang lain datang, namun sebagai orang yang dipercaya dapat sedikit bisa memberikan kecerahan dalam hidupnya tentu saya tidak boleh larut dalam “deritanya”.

Saya pun memulai dengan percakapan  ‘meyakinkan kepada beliau bahwa pengalaman pahit yang dihadapinya  tidaklah sendirian, banyak orang yang mengalami nasib serupa bahkan jauh lebih menderita, hal ini saya sampaikan agar beliau tidak merasa sendirian sebagai mahluk yang penuh derita sehingga memiliki perspektif bahwa problematic kehidupan hadir untuk membuat manusia lebih tangguh dalam mempertahankan hidupnya. “permasalahan ada sebagai rasa cinta Allah kepada hambanya, agar dapat mengambil hikmah dalam kehidupannya”.


 Bukan maksud  Tuhan memberikan permasalahan kepada manusia untuk membuat manusia menjadi lemah takut,cemas , menderita dan putus asa, melainkan sebaliknya agar manusia menajadi kuat,pemberani ,optimis ,bersemangat serta bercita cita ingin hidupnya lebih baik dikemudian hari. Maka mulailah mencari dan menemukan kar persoalan yang menimbulkan problematic kehidupan, dikarenakan persoalan yang datang   tidak mungkin datang secara tiba tiba melainkan ada sebab musababnya ,selalu ada alasan mengapa  sesuatu itu terjadi pada anda . Oleh karena itu  tidak ada gunanya lari dari persoalan  atau menyelahkan diri sendiri atau orang lain,karena hanya akan menimbulkan sebab akibat baru bagi kehidupan.
”Sangat boleh jadi keadaan yang kelihatanya tampak jahat dan menyakiti anda, terdapat keberkahan  luar biasa yang direncanakan Allah untuk kebaikan anda dikemudian hari.Jika anda dapat merenungi dan segera kembali lebih taat beribadah kepadaNYA
Terimalah problematik kehidupan sebagai bentuk penyerahan diri atas kehendakNYA, anggaplah persoalan hidup sebagai  tugas dari Allah yang harus diselesaikan agar anda mendapat kenaikan “pangkat”, sehingga anda mendapatkan pelajaran langsung dariNya, selanjutNYA, berkonsultasi serta mengadulah kepadaNYA agar anda merasa segera mendapatkan pertolongan disaat anda benar benar mendapatkan pertolongan  dari NYA.
Ketika anda sudah melewati tahap demi tahap dari persoalan hidup,anda mendapatakan pelajaran dari kehidupan dan secara  perlahan berbagai persoalan hidup yang anda hadapi akan mengurangi perasaan perasaan yang saat ini anda hadapi.
“Salah satu alasan Allah memuliakan dan mencintai  hambanya adalah memberikan “ujian “ kepada hambanya,bukankah nabi dan rosul mendapatkan ujian lebih berat dari umatnya”.   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar