Rabu, 25 Mei 2016

Kiat Hindarkan Remaja Salah Pergaulan : Jangan Biarkan Remaja Merasa Sendirian


Kank Hari Asean Smart Parenting Motivator 
“Papa mama pada sibuk dengan urusan nya sendiri sendiri , walau kita ketemu pun mereka cuek cuek saja, jadi saya lebih punya banyak teman virtual..!”Kata beberapa remaja senasib yang tangannya tidak terlepas gadget kesayangan.

Kemampuan orang tua untuk mengelola sebuah hubungan harmonis dengan para remajanya saat ini adalah sebuah keahlian yang sangat dibutuhkan . mengingat remaja makin berdaya, makin tercerahkan dan makin banyak jaringannya. Potensi keberhasilan remaja melewati masa remajanya tergantung seberapa jauh peran orang tuanya menjalani masa masa itu. Kerena itu amatlah penting bagi orang tua untuk dapat menjadi lebih dekat dengan remajanya.

Berikut beberapa kiat yang diharapkan dapat diperoleh dari orang tuanya.


1.       Kepercayaan

“Aku sebenarnya ingin menunjukkan bahwa bisa dipercaya”

Dasar dari sebuah relasi adalah kepercayaan , demikian juga seorang remaja akan sangat risih jika dalam setiap gerak geriknya selelu dicurigai. Walaupun kecemasan orang tua bisa difahami dan”dibenarkan” karena alasan demi kebaikan anak. Namun jika anak  berada dalam kondisi tidak dipercaya sulit baginya untuk membuktikan dirinya memiliki tanggung jawab dan menjaga kehormatan orang tuanya.

 Daripada sekedar cemas dan mencurigai remaja. Fokuslah pada memberikan keteladanan nilai nilai hidup yang  keluarga yakini selanjutnya jaklah anak berdialog  tentang nilai nilai tadi tumbuhkan motivasi untuk bangga menjalani nilai nilai keluarga itu  agar muncul kemampuan mental yang dibutuhkan untuk creative problem solving dan decision making skill dengan daya analisa yang lebih akurat. Sehingga anda mersa lebih nyaman memberikan kepercayaan

2.       Kembangkan bakatnya

“ Orang tuaku asyik, aku diijinkan jadi model”

Bagi remaja sejuta nasehat mungkin bisa jadi tidak mempan bagi dirinya, karena sebenarnya manusia akan berubah dan berjuang dikarenakan kesadaran dirinya sendiri, demikian juga dengan remaja. Keterampilan orang tua mengenali  minat dan keberbakatan anak dan memadukannya dengan motivasi kebaikan baginya adalah cara efektif membuat remaja menjadi anak sukses dan sholeh.

Bila anda sebagai orang tua dapat memberikan peluang bagi anak mengembangkan hobi minat dan bakat yang mereka miliki masing masing . Anda akan membuat anak memiliki kesibukan yang menyenangkan sehingga menghasilkan prestasi dan terbentuk sikap mental sportif , kooperatif dan respek, menghindarkan anak dari rasa frustrasi dan salah pergaulan.

Peran penting para orang tua adalah membentu  remajanya mendapatkan motivasi dari dalam diri sendiri. Konsistensi para remaja mengembangkan bakatnya dapat membangun karakter remaja lebih produktif dan berprestasi. Para remaja butuh aktualisasi dri memalalui perestasi keberbakatan yang dimilikinya.  

Apakah selanjutnya..?

Jika anda ingin memiliki remaja sukses dan sholeh serta ingin menjadi guru dan orang tua yang smart hubungi: 085730641111, Seminar Smart Parenting Disekolah Anda. Bersama Kank Hari  Santoso


Tidak ada komentar:

Posting Komentar