Jumat, 12 Agustus 2011

Sakinah,Istri Penyejuk Hati (Wo Man Solution )


“Suami ditempatkan memiliki satu tingkat lebih tinggi namun jangan lupa yang membuat bisa setingkat lebih itu lantaran ada istri yang menyanggahnya”. Kank Hari

Sebuah dialog suami istri menjelang usia senja..

Kini aku tidak muda lagi,rambutku kian memutih,mataku makin rabun ,dan kemampuanku mencari uang tidak seperti dulu ..”

“Mas kamu memang tidak muda lagi,tapi sejak muda engkau senantiasa melindungiku.Putihnya rambutmu hanya memikirkan kebahagianku ,rabunnya matamu lantaran cemasnya akan kesedihanku kamu sudah banyak memberikan kesenangan materi hingga sekian puluh tanun. Itu semua menambah rasa hormat dan cintaku padamu ,semoga kita dipertemukan kembali pada kehidupan nanti.terima kasih Suamiku..!”.


Dan keduanya pun saling menitikkan air mata haru…



Istri lebih berinsting

Para pria yang terdidik untuk memperkuat maskulinitas membuatnya cemas saat keperkasaannya mulai memudar.Sebagai seorang suami yang bertanggung jawab pada keluarga tentu kecemasan lantaran usia itu sangat wajar.Namun istri yang membawa ketentraman hidup bagi suaminya memiliki insting.

Insting untuk memperhatikan gejala yang dapat menimbulkan kecemasan dan harga diri suaminya.Insting ini adalah wujud dari rasa syukur atas suami yang bertanggung jawab secara simultan.


Suami sulit ungkap emosi

Suami lebih baik menyimpan rapat rapat kekurangan atau kesulitan yang dihadapi lantaran takut merasa dianggap tak tangguh lagi .Namun juga karena besarnya tanggung jawab terhadap keluarga mereka menutupi kesulitan atau kekurangan karena tidak ingin menyusahkan keluarganya.

Bagi pria mengungkap kata kata bukan persoalan mudah,pria dikenal sulit mengekspresikan emosinya lantaran tidak tahu bagaimana caranya mengungkapkannya.

Seorang istri yang peka akan perubahan perilaku suaminya ,secara emosi semestinya ikut merasakan kegelisahan yag dialami suami. Sekedar mendampingi disisinya atau menentramkan hati suami merupakan support tersendiri bagi suami. Apalagi jika suami percaya untuk bisa berbagi..


Resep Sakinah

Baik suami maupun istri memiliki kebutuhan emosi yang sama,mereka juga bisa sama sama rasional. Bagi suami secara rasional dapat mengenali emosi istri akan membuatnya tidak salah pengertian. Demikian juga seorang istri yang secara emosi dapat mengenal rasionalitas suaminya akan membuat suami merasa memiliki pendamping yang menguatkannya.

Rebutlah hati pasangan anda dengan menyentuh emosi mereka niscaya kelak anda akan dikenal sepanjang masa ,terutama disaat suami/istri berhadapan dengan kecemasannya.



1 komentar: