Jumat, 05 Agustus 2011

Aisyah Binti Thalhah RA ,Komunikasi Strategis Membatalkan Perceraian


Study Kasus dari Kitab : Al-‘Iqdul Fariid karya Ibnu Abdi Rabbih :





Penulis menemui beberapa pasangan yang sama –sama panas memilih jalan cerai sebagai satu satunya penyelesaian persolaan.Padahal apabila mereka mau merenungi lebih dalam ,mau berpikir lebih jernih semestinya mereka bisa menentukan pilihan sikap. Bercerai lantaran ego yang terluka , mau menang sendiri atau benar benar sebuah keputusan terbaik buat masa depan.

Dalam kitab Al-‘Iqdul Fariid karya Ibnu Abdi Rabbih :

Al Hasan Ibnu Ali Ibnu Husein pernah berkata kepada Aisyah Binti Thalhah,istrinya ,”Urusanmu berada ditanganmu.”.

Lalu ia menjawab, “ Sungguh ,telah dua puluh tahun urusanku berada ditanganmu dan engkau telah menjaganya dengan baik,kini mengapa aku menyia –nyiakan ketika telah berada ditanganku walaupun sesaat,padahal seluruh hidupku telah aku berikan kepadamu.”

Mendengar ucapan istrinya yang bijak itu ,Al Hasan mengaguminya dan selanjutnya membatalkan perceraiannya.


Firman Allah SWT : “ Dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya ,terkecuali bila melakukan pekerjaan keji yang nyata ( QS. An Nisa ‘;19)



Saya tidak punya kewenangan memberikan referensi pengambilan keputusan buat mereka ,namun saya mencoba mengajak mereka berpikir kembali terhadap keputusan yang mungkin bakal mereka ambil . Inilah kalimat yang saya sampaikan kepada mereka berdua: “Ada baiknya kalian memiliki waktu untuk memikirkan kembali alasan perceraian ,semoga kalian mendapat petunjuk Allah…!”.La Haula Wala Quata ila Billah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar