Selasa, 06 Januari 2015

Konsultasi Wanita Islami : Mengatasi Perasaan Sakit Hati Melihat “superior “Orang Lain

Kank,kadang saya merasa sebagai wanita yang kelewat suka mengkritik tapi susah terima kritik , saya lebih mudah tertekan apalagi jika orang  yang saya anggap lebih  superior dari saya,bagaimana saya mengelola perasaan saya ini saya merasa hal ini tidak baik bagi saya dan orang lain..?”

“Hal yang patut saya acungi jempol adalah kesadaran diri atas perilaku dan perasaan yang anda alami bahwa perbuatan yang  anda rasakan membawa ketidak –baikan. Melalui kesadaran diri inilah kita mulai menata pola perilaku yang dapat mendatangkan ketenangan bagi suasana hati anda. Kalau boleh tahu apa yang membuat anda tidak suka kepada orang yang lebih superior”.

“Entah mengapa saya merasa  “tersaingi” bila melihat orang yang lebih pinter atau lebih superior dari saya..?”

“Padahal mereka tidak benar benar menyerang anda atau mengancam eksistensi anda..?”


“Ya,benar,saya tahu sih bahwa dia ttidak akan berarti apa apa bagi ekstensi saya,saya hanya tidak senang saja atas superior yang dia miiki”.

“Kalau boleh bertanya ,apakah ada pengalaman “traumatik” masa lalu..?”

Tidak sih ,hanya dulu saat kecil hingga dewasa saya selalu meraih prestasi sekolah,dan orang tua  terutama papa selalu membanggakan  dan membela saya,tidak boleh ada yang melebihi keberhasilan saya. Sehingga saya memang harus dinomor satukan walaupun saya anak kedua dari dua bersaudara. Tidak boleh ada orang lain yang lebih unggul dari saya. Itulah mungkin yang menyebabkan saya sulit untuk “dikalahkan” oleh superioritas orang lain.

“Inginkah anda memperbaiki “karakter” yang sudah terlanjur anda miliki..?

Tentu saja saya ingin sekali kank..?”

“Baiklah, sekarang mulailah dengan menyadari bahwa anda pada dasarnya adalah orang baik yang tidak akan pernah terganggu atas kebaikan yang di berikan Allah kepada mereka dalam bentuk superioritasnya”.

Lebih specific kank hari ..?

Miliki kesedian untuk menerima keunikan dari orang lain baik dari ilmu ,kompetensi maupun cara komunikasi yang disampaikan orang lain. Ingatlah bahwa kehadiran mereka bisa mendatangkan rezeki bagi anda dalam artian luas. Bersedialah untuk mendengar dengan baik apapun yang ingin diungkapkan kepada orang lain kepada sebatas tidak melampaui batas system value yang anda anut. Jika anda amati semua orangpada hakekatnya  butuh mendapatkan recoqnize  atas superioritasnya, namun sesungguhnya jika kita mau lebih bersabar untuk mecerna superioritasnya kita bisa mendapatkan ilmu dan hikmah yang baik bagi kehidupan.
 Darisanalah kita bisa melihat betapa Maha Besarnya Allah dalam menciptakan keunikan makhluknya.  Alangkah baiknya jika diapun dapat menjadi sahabat untuk bekerja sama dalam kebaikan bagi anda bukankah dua orang dengan “kualitas” yang superior akan lebih baik dalam menciptkan sebuah karya terbaik.

“Baik kank saya coba adakah amalan doa yang bisa saya lakukan...”


“Ada baiknya anda sering membaca Subhanallah sebagai bentuk kesadaran bahwa Hanya Allah Yang Maha Suci, Alhamdulillah yang berarti Hanya Allah yang maha terpuji dan Allahu Akbar, Hanya Allah Yang Maha Besar”   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar