Jumat, 28 Januari 2011

Nonton TV Dapat Memperlambat Kecerdasan Batita


Nonton TV Dapat Memperlambat Kecerdasan Batita


Banyak orang tua bangga batitanya “diam duduk tenang” menghadap televisi, baik menonton VCD atau acara telivisi biasa.Padahal hal itu sangat berbahaya bagi perkembangan anak. Inilah berberapa alasan :

Temuan pertama :

Hasil kajian yang dimuat dalam Acta Paediatrica Riset oleh ahli di Saetle Children Research Institute & University of Washington :”Efek menonton TV berdampak buruk pada perkembangan bahasa ,ketrmapilan kognitif dan kapasitas perhatian .

Mengapa ..?

TV mengekspos anak dengan cahaya terang ,adegan yang terus berubah,editing cepat dan pemotongan auditory yang bisa terlalu menstimulir perkembangan otak anak.Disamping TV mengganggu aktivitas social seperti :berinteraksi dengan orang tua , teman dan juga bermain sebagai aktivitas menyenangkan.

Temuan Kedua :

Para periset University Of Massachusetts, menemukan sepertiga anak bayi dan anak batita yang hidup dengan telivisi dengan kebanyakan waktu dapat menghambat interaksi antara orang tua dan anak.

Temuan Ketiga
.
Dalam Jurnal Child Development 09-2009 ;” Orang tua menghabiskan waktu 20% lebih sedikit bicara denagan anak anak mereka dan kualitas interaksi menurun.dengan orang tua ,kurang aktif ,kurang attentive dan kurang responsive . Artinya ketika TV nyala mka kuantitas dan kualitas interaksi orang tua dan anak mengalami penurunan.


Masihkah anda bangga batita anda nonton TV berkepanjangan…?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar