Minggu, 02 Januari 2011

Karakter Female 1; Strategi Edukasi Kaum Ibu Peduli Pendidikan di Pedesaan


Karakter Female 1;



Strategi Edukasi Kaum Ibu Peduli Pendidikan di Pedesaan


Umiyanti : Kank hari ,saya seorang guru & pejuang gender untuk pemberdayaan kaum ibu di pedesaan. Seringkali mereka jadi tidak berdaya atas opini kaum laki laki tentang “pendidikan tidak penting dan itu urusan sekolah/pemerintah”, biasanya dikaitkan dengan dalih agama.Apakah yang harus saya lakukan..!

Kank Hari : Jika ibu penduduk asli daerah itu akan lebih mudah jika ibu”mendekat “ pada tokoh agama setempat Saya yakin tidak ada ajaran agama yang berpihak pada ketidak adilan dan ketidak berdayaan.Jadilah sebagai sahabat yang akan memperkuat kedudukan umat seutuhnya sehingga upaya anda dipersepsi sebagai mitra untuk pemberdayaan .Program kerja yang anda tawarkan adalah “participative and empowerment” . Gunakan segala personal approach untuk meyakinkan mereka.Dalam hal ini haw to say menjadi lebih penting dari pada what to say,dalam kaidah ushul fiqh berlaku hukum” cara itu lebih penting dari pada tujuan..”

Mengingat bahwa masyarakat pedesaan memiliki persepsi yang hampir sama seperti perkotaan terhadap informasi . Mengingat juga tehnologi merambah pedesaan seperti televisi dan radio .Contohnya efektifitas iklan sebuah sabun colek berkorelasi langsung dengan omzet penjualan produk itu.Dalam konteks ini pesan juga memiliki korelasi positif jika menjajikan manfaat lebih ketimbang manfaat biasa.Pesan visual dan positioning adalah komponen penting pada masyarakat pedesaan.


Bebicaralah sesuai akal pikiran mereka ,gembirakan jangan ditakuti ,sederhanakan jangan dipersulit “ adalah kaidah agama yang sangat efektif untuk masyarakat pedesaan. Masyarakat pedesaan mudah faham terhadap pesan melalui bahasa,symbol dan gambar.Pagelaran wayang kulit dipedesaan sering digemari oleh masayarakat pedesaan adalah salah satu buktinya. Sering kalai digunakan untuk kampanye program program pemerintah . Karena itu jika anda “presentasi program gunakan banyak” gambar” ,demonstrasi dan contoh real sebagai komunikasi .Meskipun demikian pesan perlu dirancang sedemikian rupa sehingga mencerminkan karakter kedaerahan tersebut.Karena itu mempertimbangkan agama,upacara kegamaan dan sentiment local daerah pedesaan tsb.


Manusia itu bergolong golongan…,setiap orang suka dan bangga terhadap golongannya. Juga merupakan kaiadah agama yang bisa anda jadikan strategi komunikasi interpersonal.Pemanfaatan word of mouth dan komunitas akan banyak membantu anda didalam mendapatkan dukungan. Pilihlah tokoh panutan masyarakat setempat sebagai nara sumber. Mengingat dibeberapa dareah peran tokoh memiliki kekuatan luar biasa dalam mempengaruhi perilaku masyarakat.

Oleh karena itu mau tidak mau anda harus menguasai kemampuan beradaptasi pada suatu daerah. Anda harus memahami kondisi psychographic- behavior dari daerah sasaran program anda. Mungkin bukan cuma kaum ibu yang anda pengaruhi tapi juga para laki laki melalui tokoh panutannya. Selamat berjuang !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar