Minggu, 13 September 2009

“ Quantum Leap Mudik” kemasa kecil.


Pertanyaan dari ibu Yuli seorang eksekutif muda perbankan ;” Kank. mengapa suasana haru biru mewarnai perjalanan mudik saya, lantas apa yang harus saya lakukan ?

Inilah uraian saya :


“ Quantum Leap Mudik” kemasa kecil.

‘ Pernah sesesorang datang kepada Rosulallah saw untuk ikut berperang. Nabi bertanya kepada orang itu “ apakah kedua orang tuamu masih hidup ? ‘ Orang itu menjawab “ masih Beliau berkata .”silahkan kamu berjihad dengan berbuat baik kepada orang tuamu saja.”. HR Bukhari &muslim.


Mudik lebaran adalah saat yang tepat kembali kemasa lalu , rindu dalam buaian sang ibu dan rindu kenanagan manis kampung halaman. Karena itu benar benar gunakan untuk “tenggelam ‘ dalam bayangan masa lalu keceriaaan masa kanak kanak.

Bangkitkan memori terindah saat saat dalam buaian ayah dan bunda. Putar kembali kenangan manis itu.... dan lihatlah beaepa anda dulu nakal senakal anak anak kita saat ini. Namun kasih ayah bunda mampu mengantar anda menjadi orang yang cukup dihargai dalam prestasi kehidupan saat ini.

Mumpung orang tua masih bersama anda jangan biarkan karcis surga melayang begitu saja. Kalau dulu anda membuatnya kecewa, buat saat ini begitu bangga. Kalau dulu ia menagis karena anda buat ia begitu gembira. Kalo dulu ia menahan keinginannnya demi memulyakan anda mulyakan apa yang menjadi keinginannya. Orang tua memeng tidak berharap balasan . tetapi balasan berlipat kali pun takkan sanggaup mengganti rasa sakit saat melahirkan anda. Sekaligus Asi dan kasih sayangnya

“ Bersyukurlah kepada Ku dan kepada kedua orang tuamu.Kepada Kulah semsta kamu akan kembali’ . QS Luqman :14.

Jika saat ini anda sedang dalam puncak kesuksesan.Dan anda berharap kemulyaan lebih dari sekedar sukses . Ridho ibu anda akan mengantar ridho Allah untuk mewujudkan impian anda. Jangan bangga atau membanggakan diri yang membuat ibu anda merasa tidak berati bagi dirinya dihadapan anda. Selanjutnya tetap rendah hatilah. Kepadanya yakinkan setinggi apapun anda , anda adalah anak nya .

Ambil contoh “Abdullah bin ja’ far bin Khaqan al Maruzi berkata, Muhammad Bin Basyir bin ustman berkata : pernah ketika saya bermaksud keluar setelah saya mengumpulkan hadsit hadist dari ulama Basrah). Saya pun mentaatinya . karena ketaatan itu saya pun mendapat berkah “. Siyar a’lam \An Nubala ‘.

Bagi seorang ibu anak adalah titipan Allah sekaligus buah hatinya, maka ibu akan bahagia jika naknya suksses sekaligus bahagia. Karena tetapla taat dalam kondisi sesukses apapun cerita diatas menunjukkan bahwa kemuliaan ilmu berada dibawah kepada ketaatan orang tua.

Ajaklah pasangan anda untuk rendah hati karena mertua pada hakekatnya orang tua anda juga.


“the challenge to affirm the meningfulness and richness of your past and present life together’.

Lantas bagaimana jika anda belum sesukses yang anda banggakan.

Tidak semua impian mudah anda gapai , bahkan kita bisa terpuruk dalam kepedihan tak tercapainya harapan. Jadikan mudik sebagai saat saat anda mengenang kembali bahwa anda pernah berbahagia dan merasa bangga dalam rengkuhan kedua orang tua. Kebahagiaan Orang tua bukan lantaran anda sukses saja melainkan dalam kebahagiaan anda juga.

Berbahagialah dengan apa yang sudah anda capai sekarang . Karena banyak orang yang nasib nya jauh lebih sengsara dari anda. Anda beruntung bisa mudik sementara banyak orang benar benar tak bisa mudik karena masih harus sibuk dengan kebutuhan dasar. Bahkan mengucapkan selamat idul fitri pun tak bisa karena tak terjangkau alat komunikasi.

Inilah saat ‘ the challenge to expand your view of your self , your spouse, your family and the world you live in ‘.

Diriwayatkan dari Dawud bin qais dia berkata , Abu Murah pernah mengabarkan kepadaku bahwa bila abu Hurairah hendak pergi setelah mengenakan pakaian ia datang kepada ibunya. “ Semoga keselamatan dan berkah terlimpah kepadamu wahai Ibu . semoga anda mendapat balasan kebaikan dari Allah karena membesarkan ku . jika pulang pun mengatakan hal yang sama ‘. Hr al bukhari dalam kitab al Adab al Mufrad.

Moral kisah ini jangan tampakan kesedihan ! karena anda belum sukes , karena kesedihan anda bisa berarti kegagalan dan penderitaan baginya. Melainkan gembira kan hati ibu dan doakan sebagai bentuk terima kasih anda . Allah akan menambah nikmat bagi orang yang mau berterimakasih.

Bagaimana jika anda sedang dalam masalah besar ?


Kegelisahan hati anda bisa memancar sampai kelubuk hati orang tua . Karena memang anda pernah bersemayam dalam rahimnya. Energi luka anda bisa dirasakan , karena kepekaan orang tua. Jadikan mudik sebagai penebus kesalahan anda kepadanya agar anda mantap dalam menghadapi kesulitan apapun.
Simak kisah berikut ini; Ibnu Abbas pernah ditanya tentang bentuk taubat seseorang yang telah membunuh istrinya. Dia menjawab , “ Bila dia mempunyai orang tua , berbuatlah baik selama ortunya masih hidup. Mudah mudahan dengan cara seperti itu allah mengampuni dosanya . Ibbu abbas juga ditanya tentang wanita yang mempelajari ilmu sihir dan ingin taubat. Solusinya sama ‘.. bahjah al Maajalis. Riwayta umar dalam kitab Jami’ al “ulum wal al hikam.

Orang tua bisa sebagai pintu terkabulnya taubat.

The cahallenge to deepen your relationship with your parents.

Apapun motivasinya fenomena mudik adalah kerinduan mencari diri yang tak tertemukan ,undiscovery self.

Bagaimana dengan motivasi mudik anda ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar