Jumat, 20 Oktober 2017

RESEP AL QUR’AN PETUNJUK WANITA KARIR:”Menghalau pikiran buruk di masa sulit ” (1)






Materi ceramah keluarga sakinah wanita karir
“Dan manusia berdo’a  untuk keburukan sebagaimana ajakannya untuk kebaikan. Dan manusia bersifat tergesa gesa”. QS  al Isra :11

“ Pada  masa sulit hampir sebagian besar orang bersedih, merenung dan berharap keadaan akan berubah, padahal perubahan yang sebenarnya harus dimulai dari diri sendiri. Tempat kerja merupakan tempat menyenangkan atau menyebalkan  sangat bergantung dari cara pandang anda.  Dunia anda adalah cerminan pemikiran dan perilaku anda..!”,  Mark Fritz,  The Truth  About Getting Things Done”. 

Lantas bagaimana caranya..?



Dalam kondisi sulit, untuk tetap sukses  dan selalu bahagia diperlukan tanggung jawab pribadi yang  senantiasa menjaganya. Bahkan tidak jarang  anda hanya bisa mengeluh, menyesal dan bahkan hanya memperbincangkan masalah masalah tanpa berpikir lagi tentang solusi, akibatnya anda makin terpuruk dalam kondisi yang makin mengenaskan.
 Padahal jika anda mau belajar dari kesalahan, meningkatkan kemampuan , focus pada solusi yang semestinya anda kerjakan anda akan mendapatkan hikmah yang luar biasa dikemudian hari. Lantas bagaimana caranya: 

1.  Tumbuhkan kebiasaan baik karena kebaikan itu dengan membiasakannya

“….Jika kamu sekalian berbuat baik maka hasil kebaikan itu untuk diri kalian sendiri…..”. Qs al Isra -7

Focus untuk mencapai keberhasilan dengan menumbuhkan kebiasaan kebiasaan yang mengarah menuju sukses dan bergerak menuju rencana rencana yang anda inginkan,  daripada memberikan peluang perasaan tak menentu dan menghabiskan waktu untuk hal hal yang menyakiti diri sendiri.  Jadikan kebiasaan ini sebagai investasi masa depan untuk lebih mature dan lebih sukses, karena waktu yang anda pergunakan untuk menumpuk kebaikan  merupakan keuntungan tertunda yang bisa anda petik di masa depan.

2.  Kesalahan adalah bagian dari  pembelajaran bukan penderitaan.

“Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga, padahal Allah belum melihat siapa diantara kalian yang benar benar berjuang dijalan Allah dan Dia belum melihat siapa diantara kamu yang bersabar..” Qs Ali Imran :142

Salah sifat manusia yang tak dapat dihindari adalah lupa dan salah. Harapannya apabila anda lupa segeralah ingat dan apabila anda salah segeralah memperbaiki diri dengan demikian  mutu kehidupan manusi makin meningkat karena kesalahan sebagai media pembelajaran untu perbaikan.

Kesalahan terjadi biasanya setelah melewati, oleh karena itu tumbuhkan sikap mental sukses, fahami, pelajari , selanjutnya tentukan solusi. Segera” move on” dari bayang bayang masa lalu untuk membuat masa depan lebih pasti.  
Apalagi  implementasinya..?  (bersambung )

materi ceramah kotbah jum'at kekinian : mental anti korupsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar