Selasa, 07 Juli 2015

Mengendalikan Hasrat Mengkritik Suami




“Saya ini paling juengkel, kenapa suami nggak ngerti nggerti, makanya saya selelu cerewet...saumi sih kelihatannya diam saja tapi lama lama saya takut juga, takut ditinggal begitu saja .., bagaimana caranya mengedalikan hasrat mengkritik suami..?”





Mungkin pola asuh yang pernah anda terima adalah mengerjakan sesuatu secara sempurna, sehingga terbentuklah karakter pada diri anda jika sebuah pekerjaan tidak dikerjakan dengan sempurna adalah tidak baik. Namun jangan lupa dalam menciptakan relasi harmonis antara suami istri kadang harus ada upaya penyesuaian irama dan ritme pola pikir dan perilaku agar tercipta keseimbangan . Untuk itulah diperlukan beberapa kebisaaan seperti berikut ini:

1.      Keterbatasan, kesalahan dan ketidak sesuaian adalah hal yang wajar, bisasakanlah untuk berdamai dengan kesalahan yang dilakukan suami karena “keterbatsan” dalam melakukan tugas yang anda berikan agar terjadi kesesuaian komunikasi dan relasi, sembari ajari dong suami untuk bisa mengerjakan sebaik yang anda mau..!

2.      Beda orang beda cara mengerjakannnya.    Belajarlah untuk bisa menerima keterbatasan suami disebabkan karakter yang telah terbentuk sebelumnya, termasuk memahami cara penyelesaian tugas yang mungkin tidak sesempurna anda.


3.      Jangan paksakan diri untuk mengubah kebiasaan aatau cara kerja suami secara mendadak, kerana pada dasarnya orang akan berubah jika merasa pentingnya akan perubahan yang dilakukan baginya, opo untunge aku berubah. Buatlah suami melihat gambaran keuntungan jika dapat menlakukan perubahan dengan penjelasan yang logis.

4.      Tenangkan diri jika anda dilanda kemarahan lantaran suami mengerjakan sesuatu tidak seperti yang anda inginkan ,kadang kadang kemarahan yang tidak terkontrol akan melahirkan ucapan atau kritikan yang sangat menyakiti orang yang anda cintai. Jadi berupayalah mengendalikan kemarahan (Anger Management)

5.      Akan lebih baik anda  memuji dan berterima kasih setelah dia mengerjakan tiugas yang anda berikan , dikarenakan pujian akan lebih efektif untuk membuat dia mengerjakan yang lebih baik lagi dibandinglan cacian yang justru akan meningkatkan kadar kemarahan dan kebencian. Serta miliki keberanian meminta maaf jika anda merasa melakukan perbuatan yang membuat anda merasa bersalah.

Jadi tunggu apa lagi , segeralah amda berdamai dengan diri sendiri  agara nada bisa berdamai dengan orang lin dan lingkungan dimana anda tinggal...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar