Selasa, 18 Desember 2018

EFFECTIVE PARENT 4.O SEMINAR-KANK HARI : "3 CARA MENDIDIK ANAK MILENIAL LEBIH BERMENTAL JUARA"BEST PRACTICE : @momoindie Professional Model

Momo Indie Professional Model , MC & Host TV
Memasuki era revolusi industri 4.O maka tingkat persaingan kian sengit setiap individu harus dapat menampilkan keunikan potensi talenta  sebagai kompetensi untuk memenangkan kompetisi. Tentu saja persaingan yang sehat akan membawa kebahagiaan dan kemenangan dibandingkan dengan persaingan yang tidak sehat akan mendatangkan bencana dan penyesalan. Dampak dari sengitnya persaingan dan efek sampingnya akan membuat orang menjadi optimis atau sebaliknya pesimis menghancurkan rasa percaya diri dan harga diri.

Oleh karena itu orang tua yang memiliki anak sebagai generasi milenial  harus mengembangkan pola pendekatan (parenthink) yang lebih smart agar anak dapat mengembangkan keberbakatannya menjadi potensi berprestasi. Langkah itu sepert berikut ini:
1. Orang tua adalah teladan atau contoh kongkrit  dari implementasi rasa optimis dalam berjuang menjalani kesulitan hidup sehari seperti tidak mudah mengeluh, selalu berjuang meraih mutu kehidupan yang lebih baik sampai tidak melable anak negatif dikarenakan kekesalan orang tua terhadap keadaan hidupnya. Maka anak pun akan terbiasa dengan atmosfir pengalaman hidup optimis melihat merasakan mengalami meniru  perilaku orang tuanya. Ingat anak adalau peniru yang baik!.
2.Jangan buat anak makin " merana" meratapi kegagalan dengan menyalahkannya. Tugas orang tua disaat anak menghadapi kegagalan adalah menjadi pundak yang kuat sebagai tempat curhat berdiskusi dan menemukan solusi menuju keberhasilan. Dikarenakan kegagalan adalah proses pembelajaran menang kalah adalah hal biasa dalam kompetisi.
3. Beri anak peluang berekspresi, karena kesempatan anak mengekspresikan diri merupakan pemenuhan kebutuhan aktualiasi diri. Keberanian anak menghadapi tantangan akan mengantarnya untuk lebih optimis berani meraih sukses. Tips bagi orang tua biarkaj anak menjalani proses tanggung jawabnya sendiri sesuai usia perkembangannya baik dalam menjalankan kewajiban membangun kompetensi serta terjun dalam persaingan. Seperti yang saya kami lakukan pada Andri, Ira dan Indie putra putri kami. Saya lampirkan juga  video ekspresi Momo Indie dalam acara CITY LIFE SBO TV( 18/12) seperti diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar